DIY : Pasang Klakson Denso di Motor

Gangsar97-sempet keinget kejadian seminggu lalu pas pulang sekolah lagi dijalan ketemu rider sepeda motor pake klakson gede , pas dia klakson ane sempet kaget dan boro” minggir, ehh….dianya nyalip ane , kirain mobil ternyata motor. sempet kesel tapi penasaran soalnya asik banget kayaknya pake klakson gede gitu. dari situlah muncul niat pengen pasang tapi lagi” gak punya duit hehe… namanya juga masih sekolah.

usut punya usut akhirnya punya duit buat beli klakson , dan akhirnya berangkat ke toko variasi buat beli  alhamdulilah barangnya ada merk denso sekalian beli relaynya merk hella dengan harga 120 rebu,

kaya gini gan model klaksonya

index

langsung dah pulang mampir dulu ke toko elektronik beli bahan lain

nih gan daftar barangnya

-klakson denso disk

-relay merk hella

– sekring 10A sekalian rumah sekringnya

-sekun lingkaran 2 buah buat ke accu sama ground

-sekun cewek buat ke klaksonnya

-kabel 2 meter warna hitam merah dan kuning

-isolasi hitam

PicsArt_04-25-10.42.33

 

 

sebelum mulai dicek dulu skema pemasanganya kurang lebih seperti ini skemadoubleklakson

ntar di kaki kaki relay ada angka” kaya diatas artinya apa?

kaki nomer 30  menerima arus langsung dari accu, gunakan sekering supaya aman

kak nomer 87 menuju klakson

kaki nomer 85 dan 86 dari kabel klakson aslinya ( bolak balik gak masalah )

langsung ke TKP :

pertama pasang kabel dari accu yang bagian (+) nya, gunakan sekun lingkaran supaya mudah disambung ke accu sekalian pasang sekering supaya aman

PicsArt_04-25-10.36.11

 

selanjutnya buat sambungan kabel percabangan antara relay dan klakson

PicsArt_04-25-10.42.03

 

lalu sambungkan  susunan kabel tadi sesuai skema diatas , untuk kabel klakson  saya pakai kabel warna merah untuk dari accu warna kuning dan hitam untuk ground klakson

PicsArt_04-25-10.36.46

setelah terpasang rilay nya baru deh pasang klaksonnya seperti ini , usahakan penempatan klakson ridak menyenggol sisi manapun agar suara klakson tidak sember , seperti ini, sekalian sekunya diisolasi supaya terlindungi

PicsArt_04-25-10.39.58

oh iya untuk kabel hitam (-) / grounding klakson bisa dikaitkan ke bodi motor mana aja , atau tempatkan ke baut bagian bawah radiator yang menghadap ke kiri motor

dan selesai sudah pemasangan klakson kali ini , penampakan full seperti ini

PicsArt_04-25-10.40.33

 

suara ? beeehhhhh……mantap banget. cocok buat ngusir angkot hahaha…..tapi jangan buat alay ya gan dan gunakan klakson sewajarnya aja. ntar malah dimarahi orang gara” ngagetin wkww…… sekian dulu gan.

Baca juga !!


semoga berguna !!

 

Iklan

17 thoughts on “DIY : Pasang Klakson Denso di Motor

  1. saya pertama coba klaksonya bunyi tpi besoknya kok nggak bunyi tapi relaynya bunyi klik gitu kenapa ya? apa relaynya rusak? mohon pencerahannya gan

    Suka

  2. Jadi gini ya broo kaka saya beli klakson telolet tapi yg berbentuk trompet ya pasti kalian tau kN bentuknya gimana ya cara memasang kan nya

    Suka

    • Baiknya dikasih aja untuk keamanan jika suatu saat terjadi konsleting, soalnya kabel dari relay langsung terhubung ke accu bahaya kalau gak.ada pengamannya.

      Suka

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s