Jangan Asal Pasang ! Sesuaikan Ukuran Ban dengan Ukuran Velg

index9

Pergantian ban menjadi hal yang wajar dalam modifikasi motor , entah mengganti ke ukuran yang lebih lebar atau lebih kecil, beberapa waktu lalu setelah marak beredar modifiksi ban kecil atau Ban cacing kini marak modifikasi dengan ban lebar atau ban gambot namun dalam penggantian ban tentunya tidak boleh asal asalan tinggal pasang.

Pemakaian ban harus memperhatikan ukuran velgnya. Aplikasi harian nggak boleh sembarangan, karena jalanan yang dilewati bervariasi (berlubang, becek, berlumpur, tanjakan, tikungan, berpasir, hujan, dll.) ngga seperti kondisi jalanan di road race atau drag race.

Kombinasi ban dan velg yang ngga sesuai mengakibatkan ban meninggi atau melebar dari ukuran standar.

Jika tapak ban terlalu besar daripada tapak velg, ban cenderung meninggi dan lancip. Sehingga rawan melejit dari jepitan pinggir velg yang terlalu sempit. Hal ini terjadi jika memaksa memakai ban ukuran besar tanpa diikuti penggantian velg yang lebih lebar.

Jika tapak ban lebih kecil daripada tapak velg, ban akan melebar dan mengkotak. Akibatnya bibir ban ditarik paksa melewati batas agar menempel ke pinggir velg. Belum lagi suspensi motor terasa lebih keras karena fungsi ban meredam beban menurun. Contohnya, aplikasi ban drag di motor harian.

Ban lancip atau kotak sama ruginya. Jika lancip, saat jalan tegak, gigitan karet bundar ke aspal gak maksimal. Bahayanya di jalan gak rata, motor oleng. Saat menikung pun ban lancip tidak lebih baik. Sebab, tapak sampingnya yang besar bisa menipu kita. Rasanya ban masih menapak. Padahal, motor udah terlalu rebah. Kalo tidak disadari, tau-tau ngegelosor alias ngesot.


Ban kotak pun tak kurang ruginya. Kalau saat jalan tegak sih enak bener. Tapi, Giliran mau nikung, permukaan ban yang menempel di aspal minim. Jika maksa rebah, pasti langsung mencium tanah.
Sebaiknya naik turun lebar tapak ban jangan melebihi 1 tingkat. Misalkan velg depan 1,60×17 inci dengan ban standarnya 70/90-17 dapat diganti dengan ukuran ban 80/90-17 atau velg belakang 1,85x17inci dengan ban standarnya 80/90-17 dapat diganti dengan ban 90/90-17.

*UKURAN VELG | UKURAN BAN *

1.20 X 17″ | 2.00-17 ; 50/90-17 = OK
1.40 X 17″ | 2.00-17 ; 50/90-17 = Kotak
1.60 X 17″ | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17″ | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17″ | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17″ | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17″ | 2.25-17 ; 60/90-17 = Pas
1.40 X 17″ | 2.25-17 ; 60/90-17 = OK
1.60 X 17″ | 2.25-17 ; 60/90-17 = Kotak
1.85 X 17″ | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17″ | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17″ | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17″ | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK
1.40 X 17″ | 2.50-17 ; 70/80-17 = Pas
1.60 X 17″ | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK
1.85 X 17″ | 2.50-17 ; 70/80-17 = Kotak
2.15 X 17″ | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17″ | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Bulat
1.40 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
1.60 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Pas
1.85 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
2.15 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Kotak
2.50 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Bulat
1.60 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
1.85 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Pas
2.15 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
2.50 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Kotak

1.20 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat
1.85 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK
2.15 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas
2.50 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK

1.20 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat
2.15 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK
2.50 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas

1.20 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17″ | 120/70-17 = Bulat
2.50 X 17″ | 120/70-17 = OK

Ada 4 kategori kembangan tapak ban setelah dipasang ke velg, yaitu pas, oke, bulat, kotak dan tidak cocok.

Kategori Pas, artinya sesuai antara ukuran ban dengan velg yang dipasang. Kategori Pas permukaan bannya menapak sebagian besar ke aspal dan hanya menyisakan sedikit permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal.
Kategori Pas sangat bagus untuk handling dan kstabilan karena permukaan bannya menapak semua tapi tentu saja dibalik keuntungannya pasti ada kerugiannya, yaitu akselerasi maupun top speed berkurang lantaran bidang permukaan yang bergesekan dengan aspal jadi lebih banyak, ujung-ujungnya bisa boros bensin. Untuk menikung, kategori Pas tidak begitu cocok karena permukaan bannya hampir tidak bersisa untuk menikung rebah dengan sudut yang berlebihan.
Menikung rebah dengan sudut agak diluar normal membutuhkan bidang luar permukaan ban yang cukup karena akan bergesekan dengan aspal. Tidak kebayang kan jika nikung rebah tapi tidak ada permukaan ban untuk bergesekan dengan aspal, bisa gedubrak.

Kategori Oke, ban bisa terpasang dan baik untuk nikung, mau rebah dengan sudut ekstreem maupun nikung biasa. Memiliki permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal dan bidang yang bergesekan hanya ada ditengah. Kategori ini cocok untuk mengejar akselerasi, top speed maupun untuk menikung, namun untuk handling tidak begitu bagus karena bidang yang bergesekan hanya ada ditengah sehingga bidang permukaan ban yang mencengkram aspal juga tidak sebanyak Kategori Pas.

Kategori Bulat mempunyai banyak bidang permukaan ban yang tidak. Kategori Kotak juga hampir sama seperti Bulat, tidak direkomendasikan karena permukaan ban semuanya menapak aspal bahkan kurang dan menjadikan ban menjadi bentuk kotak yang bukan nama band itu ya.

Kategori Tidak cocok, yang ini sudah jelas karena artinya ban tidak bisa masuk ke velg yang akan dipasangi.

berikut daftar toleransi ukuran ban dengan lebar velg yang dianjurkan :

BAN DEPAN
UKURAN BAN —– LEBAR VELG IDEAL(inch) — TOLERANSI LEBAR VELG (inch)
100/90-16 ————— 2.5 ———————- 2.15 – 2.75
110/90-16 ————— 2.5 ———————- 2.15 – 3.00
120/80-16 ————— 2.75 ——————— 2.15 – 3.00
100/80-17 ————— 2.5 ———————- 1.85 – 2.75
110/70-17 ————— 3 ———————— 2.75 – 3.50
110/80-17 ————— 2.5 ———————- 2.15 – 3.00
120/70-17 ————— 3.5 ———————- 3.00 – 3.50
3.50-18 —————– 2.15 ——————— 1.85 – 2.50
90/90-18 —————- 2.15 ——————— 1.85 – 2.50
100/80-18 ————— 2.5 ———————- 1.85 – 2.75
100/90-18 ————— 2.5 ———————- 1.85 – 2.75
110/80-18 ————— 2.5 ———————- 2.15 – 3.00
110/90-18 ————— 2.5 ———————- 2.15 – 3.00
3.25-19 —————– 2.5 ———————- 1.85 – 2.50
100/90-19 ————— 2.5 ——————— 1.85 – 2.75
90/90-21 —————- 2.15 ——————— 1.85 – 2.50
90/90-21 —————- 2.15 ——————— 1.85 – 2.50

BAN BELAKANG

UKURAN BAN —– LEBAR VELG IDEAL(inch) — TOLERANSI LEBAR VELG (inch)
130/90-16 ————— 3 ———————— 2.50 – 3.50
150/80-16 ————— 3.5 ———————- 3.00 – 4.00
110/90-17 ————— 2.5 ———————- 2.15 – 3.00
120/80-17 ————— 2.75 ——————— 2.15 – 3.00
120/90-17 ————— 2.75 ——————— 2.15 – 3.00
130/70-17 ————— 3.5 ———————- 3.00 – 4.00
130/80-17 ————— 3 ———————— 2.50 – 3.50
130/90-17 ————— 3 ———————— 2.50 – 3.50
140/70-17 ————— 4 ———————— 3.50 – 4.50
140/80-17 ————— 3.5 ———————- 2.75 – 3.50
150/70-17 ————— 4 ———————— 3.50 – 4.50
4.00-18 —————– 2.15 ———————- 2.15 – 2.75
4.00-18 —————– 2.15 ———————- 2.15 – 3.00
110/80-18 ————— 2.5 ———————– 2.15 – 3.00
110/90-18 ————— 2.5 ———————– 2.15 – 3.00
120/80-18 ————— 2.75 ———————- 2.15 – 3.00
120/90-18 ————— 2.75 ———————- 2.15 – 3.00
130/70-18 ————— 3.5 ———————– 3.00 – 4.00
130/80-18 ————— 3 ————————- 2.50 – 3.50
140/70-18 ————— 4 ————————- 3.50 – 4.50
140/70-18 ————— 4 ————————- 3.50 – 4.50
140/80-18 ————— 3.5 ———————– 2.50 – 3.50
150/70-18 ————— 4 ————————- 3.50 – 4.50

Iklan

36 thoughts on “Jangan Asal Pasang ! Sesuaikan Ukuran Ban dengan Ukuran Velg

  1. Lam kenal, motor bebek saya velg dpn 1.40 ban asli 70/90 velg blkg 1.60 ban asli 80/90 semua velg jari ring 17 ban tube type.Nah saya sendiri berat dah 110 (jng kaget) klo dpake boncengan ya bisa jd 180an (asumsi si pembonceng 70kg pas). Shock blkg udah dganti yss naik 10mm dr shock aslinya.
    Maunya saya mas, ban blkg 80/90 pindah k velg dpn n velg blkg dpt jatah ban baru 90/90 tubeles (velg jari ntar pake manset n cairan anti bocor). Ban dganti 1step lbh gede atas pertimbangan beban ban jg jd lbh gede jd gk kawatir bawa pembonceng. Shock sendiri kuat 220kg.
    Yg jd kegalauan:
    1. Velkg blkg 1.60 dipasangin ban 90/90 itu aman gk ya? Pas atau Ok atau celaka kiamat 13?
    Tolong bantu mas. Makasih

    Suka

    1. salam kenal juga mas bro, untuk ban naik satu ukuran dari aslinya masih aman saja mas bro, karena velg standard umumnya maksimal naik 2 ukuran dari aslinya

      Suka

    2. Jd tabel uk.velg 1.60 17″ yg mentok di 90/80 boleh aja tuh aman dipasang 90/90, soalnya saya dah terlanjur nebus yg 90/90. Tetep aman aja pake 90/90 bukan yg 90/80?

      Suka

    3. Jd tabel uk.velg 1.60 17″ yg mentok di 90/80 boleh aja tuh aman dipasang 90/90, soalnya saya dah terlanjur nebus yg 90/90. Tetep aman aja pake 90/90 bukan yg 90/80?

      Suka

  2. Saya mau tanya : saya mau ganti ban depan dan belakang motor vixion mau saya perbesar ukurannya,yang cocok brpa? ban standar depan uk. 90/80-17, belakang 120/70-17. saya pengen ganti ban agak besar dengan velg masih standar bawaan,yang cocok berapa ukurannya. makasih

    Suka

  3. bos minta saran. saya punya velg lebar 3.50 mau dipasang ban ukuran 140/70 tapi takut rantai cepat mulur, gimana ya enaknya?

    Suka

  4. Masbro mau nanya nih
    Saya punya velg 1.6 ama 1.8
    Nah saya mau nanya ukuran depan mending 70/80 atau 80/80
    Dan belakang pake 90/80 (atau ada saran lain ?)

    Suka

    1. yang depan normalnya 70/80 tapi kalau pakai 80/80 masih oke, yang belakang menyesuaikan yang depan seenggaknya lebih tinggi 2 ukuran ban

      Suka

  5. Boss mau tanya kalo pasang velg ukuran depan 3.00 belakang 3.50 dipasang di arm standar Tiger Revo bisa masuk ngga boss dan biar ok pake ban ukuran berapa yah

    Suka

  6. mau aplikasi klx supermoto lebar velg depan 215. lebar velg blakang 250.. mau dipasang ban depan 100/80 belakang 100/80.. cocok ??? pertanyaan tambahan…apakah untuk tipe mesin berdiri ban belakang mesti lebih besar dr depan? kira” kalo pengaplikasian ban tadi apakah aman dan nyaman untuk akselerasdi d tikungan???

    Suka

  7. mau aplikasi klx supermoto lebar velg depan 215. lebar velg blakang 250.. mau dipasang ban depan 100/80 belakang 100/80.. cocok ??? pertanyaan tambahan…apakah untuk tipe mesin berdiri ban belakang mesti lebih besar dr depan? kira” kalo pengaplikasian ban tadi apakah aman dan nyaman untuk akselerasdi d tikungan???

    Suka

  8. Maaf gan aku mau nanya…aku pnya ukuran ban 110/ 90 _ 16. Aku mau gnti ban dngan ukuran yg sma tpi gak ada d daerah ku..yg ada ukurannya kcil…mhon solusinya

    Suka

  9. Ketemu juga daftarnya lengkap, sudah 4 bulan berjalan menggunakan velg 1.85 – ban ukuran 70×90 jadinya kotak, dan malam ini benjol semua ban yg sebelah kanan untungnya gak sampai pecah dan masih bisa sampai rumah..
    Makasih sob atas informasinya, jadi tau ukuran velg berapa di kasih ukuran ban berapa…

    Suka

  10. MAS bro.., ane pnya velg vario 125 tapak lebar tpi gak terpasang di Beat fi ane.. alasannya lubang velg yg tidak pas.. kira” ada solusi tidak biar velg tdi bsa trpasang di Beat fi ane??

    Suka

    1. Tergantung velg jenis apa dulu ini ? Kalau velg jari jari tinggal ganti tromolnya saja yang sesuai dengan as roda. kalau velg CW ya sekali tidak bisa ya tidak bisa karena bentuk lubang as roda sudah paten dan tidak dapat dirubah lagi CMIIW

      Suka

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s