Inilah Bedanya Torsi dengan Daya

Pasti dah pada tahu kan sama istilah torsi dengan daya ? Biasanya nongol di brosur spesifikasi mesin dengan catatan daya maksimum dan torsi maksimum.

image

Walaupun sering melihatnya tapi kadang banyak diantara kita yang belum tahu arti serta perbedaan keduanya, umumnya orang awam akan memandang daya dari mesin serta mengabaikan torsinya,  padahal torsi ini juga berguna lo brader…

Berdaaarkan arti ilmiahnya, Torsi (torque) adalah gaya puntir yang terjadi pada kruk as mesin, gerak linier piston yang diteruskan oleh kruk as berupa gerak rotasi menuju flywheel hingga sampai pada roda mesin atau katakanlah torsi diperlukan suatu mesin  dari keadaan diam hingga bergerak sedangkan Daya (power) adalah seberapa besar gaya maksimum yang diperlukan suatu mesin dalam kurun waktu tertentu.

Hasilnya torsi berpengaruh kepada seberapa cepat mesin tersebut menggapai kecepatan maksimumnya ( akselerasi ) sedangkan daya berpengaruh pada seberapa tinggi kecepatan maksimal yang diraih ( top speed ), selain itu torsi bekerja pada rpm bawah sedangkan daya bekerja pada rpm atas , meski beda waktu kerjanya, nilai keduanya juga saling berkebalikan.

image

Contoh begini :

Mesin Y berdaya 90 ps/ 4000rpm dengan torsi mesin 2,4 kgm/ 1800 rpm sedangkan
motor H berdaya 120 ps/ 6000rpm dengan torsi mesin 1,6 kgm/ 5000 rpm.

Dapat disimpulkan bahwa mesin Y memiliki torsi yang lebih besar dibanding mesin H dengan demikian tarikan (akaelerasi) mesin Y lebih enteng dari mesin H , sedangkan mesin H memiliki daya yang lebih besar dibanding mesin Y dengan demikian mesin H mampu meraih kecepatan maksimal yang lebih tinggi dari mesin Y.

Torsi lebih berguna pada kendaraan yang membutuhkan tenaga lebih pada rpm bawah katakanlah motor harian yang pada penggunaannya sering stop and go serta kendaraan ofroad dimana kendaraan melibas berbagai medan berat dan terjal,sedangkan daya lebih berguna untuk kendaraan yang membutuhkan tenaga lebih pada rpm tinggi, katakanlah moto GP dan formula 1, dalam ajang balapan tentunya top speed tertinggi yang dapat diraih sangatlah diperhitungkan.

Memperbesar torsi dapat dilakukan dengan menambah berat kruk as, sedangkan memperbesar daya adalah kebalikannya yaitu mengurangi bobot kruk as, ubahan pada proses pengabutan serta pengapian dapat meningkatkan keduanya secara bersamaan.

Semoga berguna om

Iklan

12 thoughts on “Inilah Bedanya Torsi dengan Daya

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s