Mesin 6 Tak Ternyata Ada, Ini Ceritanya

mungkin masih tampak asing terdengar oleh orang awam ternyata di dunia ini tidak hanya ada mesin 2t dan 4t saja melainkan mesin 6t juga ada, serius ? Kaya gimana itu modelnya ?

Dialah Bruce Crower sang penemu mesin 6t dari amerika serikat dikutip dari majalah Time (asia) tahun 2007 silam Jenis penemuannya adalah return of steam,secara prinsip kerja mesin 6t ini tak berbeda jauh dari tipe mesin 2t maupun 4t yaitu sama sama memiliki ruang pembakaran dalam (internal combustion engine). Sistem kerjanya sama seperti mesin 4 langkah / 4t  namun ada tambahan 2 langkah proses lagi (jadi mesin 6t melakukan 6 langkah kerja untuk menghasilkan 2 tenaga )

gambaran proses kerja mesin 6 Tak

Seperti contoh diatas terlihat tidak adanya busi, mungkin mesin ini lebih menuju ke mesin Diesel, Pada proses 4 langkah pertama sama seperti mesin 4 tak pada umumnya yaitu udara masuk ke ruang bakar bersamaan dengan uap bensin/solar kemudian terjadi proses kompresi dan bahan bakar meledak dengan sendirinya sehingga dihasilkannya tenaga (power) kemuadian sisa pembakaran dibuang setelah ity baru dimasukkannya bahan bakar kedua berupa air, iya air a.k.a water :mrgreen: pada saat itu suhu pada ruang bakar mencapai 1500° F mampu merubah air dengan cepat menjadi steam (uap) , nah tenaga uap inilah yang kemudian berubah menjadi tenaga ke 2 dari proses ini barulah setelah proses selesai gas dibuang, jadi dalam proses ini ada 2 jenis gas buang yaitu CO dan H2O (uap air).

Kelebihannya menurut Bruce Crower 

Segi efisiensi : menurut beliau mesin ini menghasilkan tenaga 40% lebih banyak daripada mesin pada umumnya ditambah juga mengurangi berat kendaraan karena tidak diperlukannya radiator, fan, maupun coolant pump serta memperkecil kadar emisi gas buang.
Segi efektivitas : karena alat alatnya tetap serta tidak ada alat tambahan berupa solar Cell maka alat ini tergolong efektif.

Well, mesin jenis ini perlu ada pengembangan lebih lanjut, bagus lo teknologinya, dengan jumlah bahan bakar yang sama (red.BBM bukan airnya ) bisa menghasilkan tenaga yang lebih, hanya saja ane masih bingung bagaimana timing CamShaft nya.

Semoga berguna om !!

Iklan

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s