Yang namanya stang handle adalah salah satu bagian terpenting dalam sepeda motor, setiap motor punya model dan bentuk stang handle sendiri yang berbeda tentunya satu dengan yang lain tak terkecuali vixion, untuk stang original vixion tentunya nyaman saja karena sudah direncanakan matang oleh profesor yamaha, namun kenyamanan berkendara itu relatif artinya tidak sama antara satu orang dengan orang lain.
Makanya banyak modifikasi pada bagian stang handle ini untuk menemukan kenyamanan tersendiri pada tiap rider, tak terkecuali ane sendiri yang dari dulu suka ganti stang demi menemukan kecocokan ergonomi yang pas saat berkendara, beberapa stang motor yang pernah saya coba pada vixon ane berikut ulasannya :
Stang Original vixion
Ini stang ori bawaan pabrik dulu jadi bukan pergantian stang tetapi emang aslinya udah nempel di situ 😀
Kelebihan
- kenyamanan sudah pasti soalnya sesuai dengan ergonomi motor
- kekuatan serta ketahanan stang lebih terjamin
kelemahan
- motor terlihat universal , sama seperti vixion pada umumnya gak ada kesan tersendiri pada si vixion
harga : 80rb
Stang Honda Tiger
Strang tiger ini bentuk dasarnya sama dengan stang original vixion hanya saja lebih tinggi jadi posisi riding lebih tegak
Kelebihan
- posisi riding lebih tegak
- nyaman untuk riding jarak jauh
- tinggi namun tidak melebar sehingga aman untuk selap selip di kemacetan
kelemahan
- beberapa kabel akan ketarik tarik, perlu penyesuaian letak kabel kabel kelistrikan
- perlu pergantian kabel kopling karena sering gak nyampe/ kurang panjang
harga : Rp. 80 ribu
stang jepit
Ini ketika jaman ababil dulu haha, stang yang saya pakai dulu merk ride it variasi yang bisa diatur derajat kemiringan ke kiri dan kanan serta atas dan bawahnya.
kelebihan
- stang super nunduk enak buat kecepatan tinggi
- enak saat bawa boncenger cewek ( udah ngerti lah maksutnya gimana 😀 )
- stang yang tidak terlalu lebar enak buat selip selip di kemacetan
kelemahan
- lengan mudah pegal, jelas la wong posisi nunduk dan beban lebih condong ke depan ibaratnya lengan menopang berat tubuh sendiri ditambah berat boncenger kalau bawa boncenger
- kalau kualitas bahan stang jelek, rawan patah saat hard breaking
harga : Rp. 250 ribu
stang ninja 150ss
stang ninja ini untuk lebar lebih panjang sedikit dari stang original vixion hanya saja posisi riding lebih nunduk dan posisi tangan rada menekuk, tidak lurus seperti stang vixion
kelebihan
- nyaman untuk harian
- posisi sedikit menunduk jadi lumayan enak untuk keceatan tinggi
kelemahan
- untuk riding lumayan jauh kurang nyaman
- posisi yang rada nunduk membuat lengan pegal namun tidak langsung memberikan efek pegal seperti stang jepit
harga : stang 75rb + raiser 35rb
stang yamaha byson
ini stang terakhir yang saya pakai dan masih terpakai hingga saat ini, posisi stang sangat nunduk sekali dan melebar kesamping, namun untuk membuat lebih tegak ane memasang raiser stang. Sehingga diperoleh kombinasi yang pas.
Kelebihan
- stang yang lebar dan baplang membuat nyaman untuk riding jarak jauh/touring
- bila dipasang raiser stang menjadi kombinasi yang pas ( tinggi dan melebar )
kelemahan
- stang yang panjang kurang nyaman saat selip selip di kemacetan
- jika tanpa raiser akan sangat nunduk dan menyiksa pemakainya
harga : stang 80rb + raiser 50rb
nah… itulah tadi beberapa rangkuman pengalaman saya memakai berbagai jenis stang handle motor, walaupun sudah gonta ganti stang akhirnya ane menemukan pilihan yang pas yaitu stang yamaha byson yang sudah 1,5 tahun ini menempel di old vixion ane, sebenarnya untuk stang lebar ada satu jenis stang yaitu stang fatbar yang lebarnya melebihi stang yamaha byson, gak ingin coba bro ? nanti dulu saja tapi nampaknya semakin susah lagi pakai ini stang, la wong stang byson aja udah lebar ini malah lebih lebar lagi jadi nyangkut ntar hehehe
NB : Beberapa gambar diambil dari internet dikarenakan dulu tidak sempat memfoto bagian bagian stang secara detail, sumber gambar dari google , bro ikang dan bro vixion R15
baca juga om !!
- Pasang klakson variasi tambahan tanpa melepas klakson bawaan motor
- Prinsip Busi Iridium Menurut Saya
- Istilah dalam Setting Shockbreaker : Preload, Rebound dan Compresion, Apasih Artinya ?
- Review Glove : Respiro Accelerado
- Morning Ride atau Night Ride ?
- Ride 2 : Game buat yang Ingin Merasakan Naik Moge tapi Gak Kesampaian
- Pengalaman 3 Tahun Bersama Vixion, Apasih yang Dirasakan ?
- Share: Modif Old Vixion versi Gangsar97
- Review : Helm KYT R10 Fullface, Kelebihan dan Kekurangannya
- Efek Mengurangi dan Menambah Jumlah Mata Gear pada Motor
Semoga berguna !!
Berapa diameter stang jepitnya bos
SukaSuka
Gan mau tanya saya pake stang Honda Tiger Revo terus sekarang saya pengen pake raiser biar tambah tinggi lagi..
Apakah Kabeh gas sama selang rem ikut diganti kaya kabel kopling?
SukaSuka
lek kabel kopling seng panjang opo yak go old vixi
SukaSuka
Beli segitiga handle stang jepitnya dimana gan…jadi pengen
SukaSuka
Jd bingung milih stang nih mas,kalo Tiger 2000 enaknya pake stang apA ya mas.
SukaSuka
wah belum pernah coba tiger 2000 saya mas 😁
SukaSuka
Kabel kopling pas pake fatbat ganti ke kabel kopling motor apa mas bro?
SukaSuka
belum pernah coba stang fatbar saya mas
SukaDisukai oleh 1 orang
Gan ganti stang byson+raiser tinggi harus ganti kabel” ga ? Atau tinggal pindahin jalur aja ?
SukaSuka
gak perlu ganti” bro, cuma perubahan jalur kabel gas saja
SukaSuka
klo pake stang yamaha MT25 vs stang byson lebih nyaman mna buat NVL menurut penerwangan ente bro….?
SukaSuka
belum pernah coba yang mt 25 bro, tapi secara lekukan stang mt25 sama byson hampir mirip, kemungkinan riding position juga mirip mirip bro
SukaSuka
manteb nih sharingnya,
mau nanya om, khusus untuk ganti stang byson, pilih raiser merk apa ya?
kabel ga ada yang nyangkut sama sekali?
SukaSuka
masa nyangkut gan ? punya ane gk nyangkut tuh, bisa sih sebenarnya pakai raiser apa aja, mungkin cable menegementnya kurang pas
SukaSuka
kabel gas sama kopling diganti juga ngga kalo pke stang tiger, saya pake vixion advance
SukaSuka
kopling diganti gan kalau gas gak usah
SukaSuka
Mas segitiga dudukan ride it beli dmna
SukaSuka
di toko variasi gan
SukaSuka
stang byson .paling nyaman 😀 cuman .pas nyalip bner agak susah…thank saran nya om sangat membntu. Klo gak pake raiser kabel gas nya mentok.gmana ngakalinya om?
SukaSuka
Kabel ditarik aja om dilewatkan bawahnya segitiga stang yang atas. Insyaallah gk mentok lagi
SukaSuka
stang byson .paling nyaman 😀 cuman .pas nyalip bner agak susah…thank saran nya om sangat membntu. Klo gak pake raiser kabel gas nya mentok.gmana ngakalinya om?
SukaDisukai oleh 1 orang
Boleh dilengkapin harganya juga bro ??? buat referensi juga 🙂
SukaSuka
terima kasih atas sarannya om, akan segera ane update
SukaSuka
Mantap om bahasannya, Lebih enak stang byson sih kalo menurut saya , enak buat buat jarak jauh soalnya baplang hehe, sekarang juga pakai ini di vixion saya
SukaSuka
Sama dong saya juga pakai stang byson
SukaSuka
Enakan asline malah
SukaSuka
Tergantung selera lek
SukaSuka
Iyo sih lek.. Cuman kalau ergonomi rubah total yo gak kepenak
SukaSuka
Iyo lek, koyoto stang jepit wau jaman sek ababil bien, saiki pas ng stang byson lek aku malahan
SukaSuka
Sip..
SukaSuka
Aku pilih yg standard saja
SukaSuka
Bawaan pabrik emang gk pernah boong 😀
SukaSuka