Pengalaman Memasang Berbagai Jenis Handle Stang pada Old Vixion, berikut Kelebihan dan Kekurangannya.

Yang namanya stang handle adalah salah satu bagian terpenting dalam sepeda motor, setiap motor punya model dan bentuk stang handle sendiri yang berbeda tentunya satu dengan yang lain tak terkecuali vixion, untuk stang original vixion tentunya nyaman saja karena sudah direncanakan matang oleh profesor yamaha, namun kenyamanan berkendara itu relatif artinya tidak sama antara satu orang dengan orang lain.

Makanya banyak modifikasi pada bagian stang handle ini untuk menemukan kenyamanan tersendiri pada tiap rider, tak terkecuali ane sendiri yang dari dulu suka ganti stang demi menemukan kecocokan ergonomi yang pas saat berkendara, beberapa stang motor yang pernah saya coba pada vixon ane berikut ulasannya :

Stang Original vixion

Ini stang ori bawaan pabrik dulu jadi bukan pergantian stang tetapi emang aslinya udah nempel di situ 😀

Kelebihan

  • kenyamanan sudah pasti soalnya sesuai dengan ergonomi motor
  • kekuatan serta ketahanan stang lebih terjamin

kelemahan

  • motor terlihat universal , sama seperti vixion pada umumnya gak ada kesan tersendiri pada si vixion

harga : 80rb

Stang Honda Tiger

Strang tiger ini bentuk dasarnya sama dengan stang original vixion hanya saja lebih tinggi jadi posisi riding lebih tegak

Kelebihan

  • posisi riding lebih tegak
  • nyaman untuk riding jarak jauh
  • tinggi namun tidak melebar sehingga aman untuk selap selip di kemacetan

kelemahan

  • beberapa kabel akan ketarik tarik, perlu penyesuaian letak kabel kabel kelistrikan
  • perlu pergantian kabel kopling karena sering gak nyampe/ kurang panjang

harga : Rp. 80 ribu

stang jepit

Ini ketika jaman ababil dulu haha, stang yang saya pakai dulu merk ride it variasi yang bisa diatur derajat kemiringan ke kiri dan kanan serta atas dan bawahnya.

kelebihan

  • stang super nunduk enak buat kecepatan tinggi
  • enak saat bawa boncenger cewek ( udah ngerti lah maksutnya gimana 😀 )
  • stang yang tidak terlalu lebar enak buat selip selip di kemacetan

kelemahan

  • lengan mudah pegal, jelas la wong posisi nunduk dan beban lebih condong ke depan ibaratnya lengan menopang berat tubuh sendiri ditambah berat boncenger kalau bawa boncenger
  • kalau kualitas bahan stang jelek, rawan patah saat hard breaking

harga : Rp. 250 ribu

stang ninja 150ss

stang ninja ini untuk lebar lebih panjang sedikit dari stang original vixion hanya saja posisi riding lebih nunduk dan posisi tangan rada menekuk, tidak lurus seperti stang vixion

kelebihan

  • nyaman untuk harian
  • posisi sedikit menunduk jadi lumayan enak untuk keceatan tinggi

kelemahan

  • untuk riding lumayan jauh kurang nyaman
  • posisi yang rada nunduk membuat lengan pegal namun tidak langsung memberikan efek pegal seperti stang jepit

harga : stang 75rb + raiser 35rb

stang yamaha byson

ini stang terakhir yang saya pakai dan masih terpakai hingga saat ini, posisi stang sangat nunduk sekali dan melebar kesamping, namun untuk membuat lebih tegak ane memasang raiser stang. Sehingga diperoleh kombinasi yang pas.

Kelebihan

  • stang yang lebar dan baplang membuat nyaman untuk riding jarak jauh/touring
  • bila dipasang raiser stang menjadi kombinasi yang pas ( tinggi dan melebar )

kelemahan

  • stang yang panjang kurang nyaman saat selip selip di kemacetan
  • jika tanpa raiser akan sangat nunduk dan menyiksa pemakainya

harga : stang 80rb + raiser 50rb

nah… itulah tadi beberapa rangkuman pengalaman saya memakai berbagai jenis stang handle motor, walaupun sudah gonta ganti stang akhirnya ane menemukan pilihan yang pas yaitu stang yamaha byson yang sudah 1,5 tahun ini menempel di old vixion ane, sebenarnya untuk stang lebar ada satu jenis stang yaitu stang fatbar yang lebarnya melebihi stang yamaha byson, gak ingin coba bro ? nanti dulu saja tapi nampaknya semakin susah lagi pakai ini stang, la wong stang byson aja udah lebar ini malah lebih lebar lagi jadi nyangkut ntar hehehe :mrgreen:

NB : Beberapa gambar diambil dari internet dikarenakan dulu tidak sempat memfoto bagian bagian stang secara detail, sumber gambar dari google , bro ikang dan bro vixion R15

baca juga om !!


Semoga berguna !!

32 respons untuk ‘Pengalaman Memasang Berbagai Jenis Handle Stang pada Old Vixion, berikut Kelebihan dan Kekurangannya.

  1. Gan mau tanya saya pake stang Honda Tiger Revo terus sekarang saya pengen pake raiser biar tambah tinggi lagi..
    Apakah Kabeh gas sama selang rem ikut diganti kaya kabel kopling?

    Suka

  2. manteb nih sharingnya,
    mau nanya om, khusus untuk ganti stang byson, pilih raiser merk apa ya?
    kabel ga ada yang nyangkut sama sekali?

    Suka

  3. stang byson .paling nyaman 😀 cuman .pas nyalip bner agak susah…thank saran nya om sangat membntu. Klo gak pake raiser kabel gas nya mentok.gmana ngakalinya om?

    Suka

  4. stang byson .paling nyaman 😀 cuman .pas nyalip bner agak susah…thank saran nya om sangat membntu. Klo gak pake raiser kabel gas nya mentok.gmana ngakalinya om?

    Disukai oleh 1 orang

  5. Mantap om bahasannya, Lebih enak stang byson sih kalo menurut saya , enak buat buat jarak jauh soalnya baplang hehe, sekarang juga pakai ini di vixion saya

    Suka

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!