Pasang Ban Lebar di Old Vixion, Inilah Kelebihan dan Kekurangan yang Dirasakan !

Gangsar97-pembaca sekalian,,,,,lama juga tidak update pos disini, maklum akhir akhir ini ane sedang dilanda kerjaan yang numpuk bin amburadul ๐Ÿ˜€ oke artikel ringan ringan saja kali ini,  jadi hari ini sudah sekitar 1 bulan, ane mengganti/meng-upgrade sektor kaki kaki old vixion ane menjadi lebih lebar, artikel bisa pemirsa cek disini :

Modifikasi : Old Vixion Pasang Velg Jari Jari dan Ban Lebar

Nah… dalam masa pemakaian 1 bulan  ini bukan tak mungkin tidak terjadi apa apa, pastilah ada efek samping yang  udah terasa setelah pemakaian ban lebar ini, apalagi semenjak ane bawa bolak balik madiun – solo setiap minggunya yang melalui medan pegunungan dan jarak sekitar 112 km , nah…kali ini akan ane tulis beberapa efek samping tersebut setelah meamakai ban lebar di old vixion ane,  berikut efeknya :

  • Riding lebih nyaman,ini dikarenakan ban lebar lebih baik dalam menahan redaman sehingga goncangan lebih sedikit saat memakai ban lebar
  • Stabil saat kecepatan tinggi , sama halnya dengan point pertama, dengan sedikitnya goncangan maka saat kecepatan tinggi motor akan tetap stabil.
  • Eye catching, ya jelas la wong beda sendiri apalagi yang velg nya model jari jari warna emas pula jari jari velgnya, semakin menarik perhatian maklum di tempat ane belum banyak vixion yang pakai velg model jari jari plus ban lebar pula.
  • Jadi narasumber wawancara, (abis berapa duit bro bikin begitu ? , gimana bro rasanya pakai velg lebar ? awet gak bro buat motor ? pasang begituan dimana bro ? ) dan  pertanyaan lain sebagainya ๐Ÿ˜€

Namun jangan senang  dulu, selain memiliki kelebihan seperti diaatas ternyata pasang velg dan ban lebar ini juga punya kelemahan, nah.. kelemahan yang ane rasakan seperti :

  • Performa menurun, ini jelas mengingat daya cengkram ban yang lebih besar dan mesin yang masih standard nyel,,, jadi mesin kerjanya agak keberatan atau Ngoyo
  • Pengereman kurang pakem, ini dikarenakan rem belakang ane masih menggunakan model tromol atau belum disk brake, seharusnya untuk ban lebar memang sudah menggunkan disk brake namun dikarenakan belum ada biaya ya terpaksa pakai yang standard bawaan motor dulu.
  • Gerak handle stang lebih berat, kalau masalah ini mungkin karena ban depan terlalau besar, dapat diakali dengan memperkecil ukuran ban depan, kalau saya pakai ukuran ban depan 100/80 mungkin bisa diturunin satu tingkat kali ya menjadi 90/80
  • Konsumsi BBM lebih boros, ini masih berkaitan dengan contoh pertama tadi, dikarenakan beban motor semakin berat tentunya mesin akan dipaksa mengeluarkan tenaga yang berlebih yang berimbas pada borosnya bahan bakar.

Itulah tadi beberapa efek yang ane rasakan setelah kurang lebih 1 bulan memasang ban lebar pada old vixion ane, toh yang namanya modifikasi selalu membawa dampak positif maupun negatif . bagaimana ? kepingin pasang ban lebar di old vixion sampean ?

Baca juga om !!


Semoga berguna om !!

4 thoughts on “Pasang Ban Lebar di Old Vixion, Inilah Kelebihan dan Kekurangan yang Dirasakan !

  1. Gan mau tanya. Ane jg pengen nih pake ban lebar di vixion old ane. Udah nyicil beli ban sama velg lg tawar menawar karna dapat 2and bagus harga agak miring. Itu untuk kaki2 standar aja atau harus diganti gan?

    Suka

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

