Mengenal Jenis jenis Konfigurasi Mesin Sepeda Motor

konfigurasi mesin pada sepeda motor ternyata banyak jenisnya di dunia ini, masyarakat awam umumnya mengenal mesin konfigurasi 1,2,atau 4 segaris ( in-line ). namun ternyata ada banyak jenis konfigurasi mesin pada sepeda motor, disini merupakan hal paling krusial. karena setiap mesin meski mengadopsi teknologi yang sama, namun karena konvigurasinya berbeda maka riding karakternya pun menjadi berbeda. ini menjadi penting karena akan berpengaruh pada saat penggunaan maupun kenyamanan pengendaranya. intinya beda konfigurasi ya beda karakter..

tak perlu berlama lama lagi ini dia berbagai macam konfigurasi pada mesin sepeda motor, sebelum membaca hendaknya siapkan kopi terlebih dahulu biar gak ngantuk soalnya panjang banget ceritanya šŸ˜€ oke langsung saja

  1. mesin 1 silinder

1 silinder

ini adalah jenis mesin paling banyak dan familiar di masyarakat,mesin ini punya klasifikasi lagi yaitu silinder tegak, tidur dan 45 derajat.Ā  rata rata digunakan untuk motor kapasitas mesin kecil <250cc, namun demikian ada beberapa motor berkapasitas besar yang menggunakan mesin konfigurasi 1 silinder ini, contohnya royal enfield clasic 500cc dan KTM duke 690 ( cc hampir 700cc ).

kelebihan :

  • torsi besar
  • bobot ringan
  • minimum maintenance
  • getaran minimum di putaran bawah

kekurangan :

  • suara yang biasa bisa saja/ mainstream
  • amat tergantung pada posisi silinder
  • top speed kurang

 

2.mesin 2 silinder segaris ( in-line twin )

2 silinder inline

ini adalah salah satu solusi jika ingin tampil beda dengan mesin single silinder namun masih dengan biaya produksi yang masih murah dan maintenance yang mudah. suara yang dimiliki yang dimiliki juga berbeda dengan single silinder sehingga memberikan kan feel yang berbeda pula. konfigurasi ini dipakai oleh Kawasaki NInja 250, yamaha R25, CBR250RR, dan BMW F800GS dan lainnya.

kelebihan :

  • Top end power cukup baik
  • Maintenance rendah
  • Torsi merata di putaran bawah, tengah, atas
  • mudah di upgrade
  • Getaran merata di putaran bawah, tengah dan atas

kekurangan :

  • suara motor khas tapi tidak ā€œberkarakterā€
  • jika dilakukan head to head, tidak akan menang dibandingkan konvigurasi mesin lainya yang berkarakter
  • sering kali dianggap ā€œcheap twin engineā€

 

3.mesin 3 silinder segaris ( tripel in-line )

3 segaris silinder

Mesin 3 silinder memaksimalkan antara kombinasi Torsi dan top end power. Jika mesin 2 silinder bermodel V apalagi L akan mengandalkan torsi maka mesin inline 4 akan mengandalkan top end power. Nah mesin 3 silinder menggabungkan keduanya. Torsi didapat di putaran ā€œcukup rendahā€ dan ā€œcukup besarā€ tapi tidak seperti mesin twin, namun tenaga top end pun didapat di putaran mesin yang ā€œtidak terlalu tinggi”, getaran mesin pun demikian, tidak separah mesin twin tapi juga tidak sehalus mesin inline 4. mesin 3 silinder dipopulerkan oleh pabrikan Triumph dengan varian Daytona dan MV Agusta dengan farian F series, namun dari yamaha juga mengeluarkan MT 09 dengan teknologi cross plane crangshaft 3 silinder.

Keunggulan
  • Getaranya tergolong halus
  • Ongkos produksinya relatif murah
  • Mengkombinasikan keunggulan 2 silinder dan 4 silinder
  • Center of gravity baik
  • Responsif namun tidak liar
Kekurangan
  • Suara mesin jelek sekali
  • Top end power dan torsi tetap kalah dibandingkan mesin 4 silinder dan twin engine
  • Sering dianggap tidak berkarakter

4. mesin 4 silinder segaris ( In-line Four )

InlineFour

Mesin inline 4 ini digunakan oleh hampir seluruh tipe sport bike dan superbike, kecuali oleh Ducati dan Aprilia. Mesin ini amat terkenal lewat suaranya yang membulat dan merdu. Boleh dibilang mesin ini menawarkan banyak keunggulan daripada kekurangan. walaupun lemot di torsi tetapi power yang diberikan oleh mesin ini sangat gila. sebenarnya ini adalah konfigurasi mesin paling efisien, baik segi biaya produksi, power dan torsi maupun bobot. Makanya mesin inline 4 sangat populer dikalangan biker.

keunggulan :

  • Suara mesin amat merdu
  • Top end power optimum
  • Getaran mesin sangat halus

kekurangan :

  • Mesin terlalu lemot torsi

 

5. Mesin V Twin

v twin harley

orang tau kalau mesin V twin ya Harley davidson, Mesin V-twin harley memiliki karakter yang unik, yaitu getaran mesin yang tinggi. Bukan karena Harley gak bisa bikin mesin yang bener, tapi karena getaran (pergerakan) silinder mesin tersebut terpusat di titik yang berdekatan makanya gerakannya justru menjadi mirip getaran dan disinilah karakter dari mesin tersebut. Jarak antar silinder berukuran sempit (Jika Ducati 90 derajat, Aprilia 60 derajat maka mesin ini lebih sempit lagi).

kelebihan :

  • Suara mesin yang khas
  • Torsi berlimpah + bobot berat menjadi terkontrol
  • prestige and pride , kalo punya harley berarti orang kaya

kekurangan :

  • biaya produksi mahal
  • Getaran ada di setiap putaran
  • Mesin sangat panas
  • Top end power amburadul

 

6. Mesin V twin melintang

v twin melintang

Mesin V twin melintang punya Bentuk silinder yang mirip dengan konfigurasi V twin Harley, namun mesin di posisikan melintang. Sehingga bentuk mesin terlihat amat unik dan menjadi ciri khas tersendiri bagi motor, sejauh ini motor yang menggunakan konfigurasiĀ  mesin ini hanyalah MotoGuzzi dengan varian V7 Racer. Meski saat digunakan motor terasa bergetar kanan ā€“ kiri, seperti gak stabil dan memang centre of gravity motor ini pun tinggi , tapi tetap keren terutama dari sisi estetika.
kelebihan :
  • Distribusi tenaga halus
  • Getaran mesin khas
  • Tidak lebih panas dibanding V twin harley karena diposisikan diluar
Ā kekurangan :
  • Ongkos produksi tinggi
  • Center of gravity tinggi, sulit untuk bermanuver
  • Tenaga top end kurang

 

6. mesin L Twin 90 derajat

L twin

mesin L twin hampir sama dengan v twin lainnya hanya sudut kemiringan antar pistonnya saja yang berbeda, kalau ducati ini sudut kemiringannya 90 derajat. mesin L twin adalah konfigurasi setia dari ducati, jadi banyak yang beranggapan kalau mesin L twin miliknya Ducati, meski mesin L twin tidak berarti mesin ducati, namun karena kadung dianggap sebagai mesin ducati yang menggunakan sistem desmodromic, enggak heran akhirnya orang mengidentikan mesin L twin adalah mesin Desmodromic. Aprillia juga menggunakan konfigurasi L-Twin ini untuk beberapa motornya kecuali RSV4 yang menggunakan mesin V4. Oleh karena itu mesin L-Twin sering menjadi ciri khas dari motor Made in Italy.

kelebihan :

  • Ditangan biker yang berpengalaman sangat enak diajak nikung.
  • Ā Torsi berlimpah
  • Suara mesin dan knalpot yang khas dan berkarakter

kelemahan :

  • torsi yang berlebihan bagi sebagian orang dianggap terlalu liar
  • Getaran terasa di semua putaran
  • gampang overheat
  • Pada kecepatan rendah, motor terasa tersendat sendat

 

7. mesin 2 silinder Boxer

boxer engine bmw

mesin boxer awalnya lebih dikenal di dunia mobil, namun BMW konsisten untuk menggunakan konfigurasi mesin boxer ini pada varian sepeda motornya, Mirip seperti mobil, mungkin begitu rasanya jika mengendarai motor bermesin boxer. Mobil tersebut khususnya menggunakan mesin diesel, dimana tenaga di putaran bawah amat halus namun tetap amat bertenaga, meski diputaran atas cepat ngos ngosan. BMW yang konsisten menggunakan mesin ini. Apalagi kalo bukan keluaran BMW R Series ( R nine t , R1200GS ).

kelebihan :

  • Torsi tersedia di semua putaran
  • Suara mesin halus
  • Tidak mudah panas
  • Torsi tersedia di semua putaran
  • center of gravity rendah, mudah untuk bermanuver

kekurangan :

  • Ongkos produksi mesin amat mahal
  • Top end power amburadul
  • head silinder yang kearah samping membuat motor menjadi lebar

 

8.Mesin V4

v4 engine

mesin ini sama dengan V twin pada umumnya namun yang membedakan jika v twin ada 2 silinder maka mesin ini punya 4 silinder, Sebut saja Honda RC211, 212, 213 V engine, Suzuki GSV-R engine dan sebagian besar motor CRT menggunakan mesin berbasis V4 (dalam hal ini aprilia RSV-4) karena memang mesin ini pada awalnya di desain untuk keperluan balap tapi baru-baru ini KTM juga menggunakan V4 untuk mesin KTM RC16 yang akan digunakan ketika memutuskan untuk turun di kelas MotoGP 2017. Namun kemudian ada juga digunakan untuk penggunaan normal seperi pada honda VFR dan RSV4.

kelebihan :

  • torsi berlimpah
  • power berlimpah
  • mesin sangat responsif

kekurangan :

  • biaya produksi maupun maintenance mahal
  • Sulit digunakan di kecepatan rendah atau harian
  • mesin sangat panas
  • suicidal engine, untuk rider yang belum berpengalaman bisa sebagai alat bunuh diri

ya ternyata di dunia ini banyak banget jenis konfigurasi mesin pada sepeda motor, mungkin sebelumnya kita hanya tau beberapa saja namun ketika tau ternyata ada banyak banget.

oke sekian dan terimakasih.

 

 

 

Iklan

One thought on “Mengenal Jenis jenis Konfigurasi Mesin Sepeda Motor

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s