Water Hammer, Air Kok Bisa Memporak Porandakan Blok Mesin ?

beberapa saat lalu dihebohkan oleh berita blok mesin sepeda motor yang jebol dikarenakan menerobos banjir,

hah masak cuma menerobos banjir aja bisa jebol blok mesinnya  ?

perlu bukti ? niki mas bro :

mesin-nmax-bolong-2
pic : kenthoetboreup.com

secara kasat mata mungkin ini sedikit nyleneh, air menggenang kok bisa menghancurkan besi setebal itu. mari kita usut bukan sekedar kasat mata saja !

 

 water hammer singkatnya adalah ruang pembakaran yang kemasukan air, nah kalau pada ruang pembakaran kan biasanya yang dikompresi adalah udara, udara kalau dikompresi volumenya akan berkurang sementara air ( zat cair ) saat di kompresi tidak mengalami pengurangan volume sehingga terjadi lah water hammer , nah kalau bagian yang kalah umumnya  bagian mesin yang bergerak seperti piston dan crankshaft. Kerusakan paling umum terjadi pada stang piston yang bengkok karena benturan keras tadi, la bayangkan saja mas bro piston yang bergerak segitu cepatnya tiba tiba tertahan oleh sesuatu, ya kan bisa bengkok seketika.

gambar-terjadinya-water-hammer
skema terjadinya water hammer

water hammer umumnya terjadi saat kendaraan menerobos banjir atau genangan air yang nanti air itu akan masuk ke ruang bakar melalui filter udara atau knalpot, selain karena banjir ada juga penyebab lainnya seperti penggunaan pembersih ruang bakar yang menggunakan cairan dan dimasukan langsung ke dalam ruang bakar, fungsinya untuk merontokan kerak kerak yang menempel di ruang bakar, ya memang ruang bakar menjadi bersih tapi ada masalah lain yaitu bagaimana mengeluarkan sisa cairan pembersih sampai benar benar bersih dari zat cair ini, sisa cairan inilah yang dapat menyebabkan water hammer jika diabaikan.

lantas bagaimana dengan blok mesin yang jebol mas ?

nih ane kasih gambar penjelasnya dulu, gambar ini berkaitan sama gambar yang paling awal tadi :

stang-piston-nmax-patah
pic : kenthoetboreup.com

terlihat stang seher sampai patah, berhubung saking kuatnya water hammer ini sampai sampai setang piston/seher nya patah, nah dikarenakan gaya gerak yang kuat tadi patahan piston tersebut terpental  dan menghantam blok mesin, namanya juga besi diadu dengan besi, sama sama kerasnya ya pasti ada yang kalah mas bro, dan apesnya yang kalah adalah blok mesin ( crankcase ).

ya saran dari ane sih hati-hati aja bro kalau menerjang banjir, kalau sekiranya ketinggian airnya mengkhawatirkan mending putar balik aja cari jalan lain, jangan dipaksakan lewat toh ujung ujungnya juga habis banyak kalau udah begini, mencegah lebih baik dari pada mengobati

keep safety ride

baca juga :


Semoga berguna !!

Iklan

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s