Modif Ringan : Buat Kedipan Sein Cepat Ala Bus Malam

Bagi yang pernah riding malam pasti sering lah ketemu dengan bus malam, ada ciri khas dari bus malam ini yang begitu unik yaitu kedipan seinnya yang cepat,mengapa demikian ? Karena sein dari bus tersebut sudah diganti dengan sein Model LED yang berdaya kecil akibatnya kedipan sein jadi lebih cepat dari biasanya.

Berarti motor juga bisa dong dibuat begitu ?

Secara prinsip kerja memang iya tetapi lampu sein sampean gak berkedip melainkan bakal melotot terus, mungkin karena daya flasher motor gak sebesar flasher bus kali ya ? CMIIW 😀

lalu biar sein motor saya bisa cepet kedipannya gimana ?

Tenang brader masih banyak cara kok untuk mengakalinya, nih salah satunya

Siapkan alat dan bahannya dulu seperti

•Elco bipolar 560 uF 1 buah
•Timah dan Solder ( jika diperlukan )

Udah gitu aja ? Iya, simpel kan ? Harga elconya juga murah kok paling kisaran 3000 atau kalo mau lebih murah sampean bisa debat dulu ke penjualnya :mrgreen: 😀
bagi yang belum tahu elco seperti inilah wujudnya

image
Elco , gambar dari google

Pertamax tamax cari letak flasher sein motor sampean, gampang kok carinya cukup hidupkan sein motor sampean nanti akan terdengar bunyi “cetek….cetek”,suara tersebut adalah suara flaser. Setelah ketemu lepaslah kabelnya dan ambil flasher nya.

Setelah dapat bukalah tutup flasher dengan cara dicongkel pelan pelan, gak susah kok cara bukanya.
nih penampakan setelah terbuka

image

Setelah terbuka lepaslah elco asli yang tertancap kalo ada timahnya bisa disolder supaya elco dapat dilepas dari flasher dan gantilah dengan elco yang baru, AWAS !! Jangan sampai terbalik pemasangan kutubnya atau mau lebih amannya sampean perhatikan dulu sisi kutub elco yang masih tertancap sebelum dilepas. Elco yang asli bawaan flasher ( contoh : old vixion  ) berkapasitas 1700 uF sedangkan elco yang ane ubah berkapasitas 560 uF. Intinya semakin kecil nilai kapasitasnya maka kedipan seinnya akan semakin cepat namun jika kapasitas terlalu kecil maka sein tidak mau berkedip maksimal ( redup ), idealnya setengah dari kapasitas elco pada normal bawaan flasher sedangkan untuk Voltase elco ane saranin pakai yang lebih besar dari 12 V untuk keamanan saja.

Setelah elco diganti solderlah kembali elconya dan tutup kembali flashernya, dah gitu aja ? Belum selesai , yo dikembalikan dulu to flasher e pada tempatnya semula :mrgreen: 😀

Bijimana ? Mudah bukan ? Dengan modal 3000 an sudah dapat gaya ala bis malam.
Pengen tau hasilnya ? Sabar brader video belum di aplud atau yang udah gak sabar mending segera dicoba aja !!!

Semoga berguna !! DIY never DIE

Iklan

16 thoughts on “Modif Ringan : Buat Kedipan Sein Cepat Ala Bus Malam

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s