Prinsip Busi Iridium Menurut Saya

kejadian siang tadi waktu ngobrol ngobrol santai bareng teman dan ngobrolin tentang motor teman saya yang baru aja ganti busi pakai busi irridium,dia juga berargumen mengenai alasannya pakai busi irridium, katanya bisa meningkatkan tenaga mesin, ok saya percaya itu !! namun ada perkataan beliau yang agak mengganjal menurut saya, kaya gini

irridium itu tahan panas tinggi dan konduktor/penghantar listrik yang baik makanya mampu memercikkan api yang lebih fokus dan besar bro akibatnya pembakaran jadi lebih sempurna.

mungkin dari pembaca ada yang berpaham demikian ? ya ini memang benar, busi irridium memang terkenal mampu memancarkan percikan api yang lebih fokus dan besar, tapi besarnya hasil percikan apinya bukan karena bahan irridiumnya, tapi karena bentuk kepala businya yang lebih kecil dari pada busi standard, gampangnya sih kaya selang air, saat sampean tekan/tutup lubangnya sebagian maka pancaran air menjadi kuat, sama halnya aliran listrik saat listrik yang dialirkan sama dan alat penghantarnya lebih kecil maka arus keluaran nya akan semakin cepat/kuat.

la terus gunanya irridium di busi buat apa mas ?

.

nah ini dia! berhubung ukuran ujung elektroda busi yang diperkecil maka besar kemungkinan dia akan gampang meleleh, gampangnya kayu bongkahan sama lidi kalau dibakar cepetan mana kebakarnya ? disinilah peran irridium untuk melapisi ujung ulektroda yang sangat kecil ukurannya supaya gak gampang meleleh ( irridium tahan terhadap panas tinggi ).

jadi perihal percikan api lebih besar karena bahan irridium adalah salah karena nyatanya irridium adalah konduktor/penghantar listrik yang jelek ( lebih jelek dari tembaga sekalipun ) namun irridium memiliki daya tahan panas yang tinggi, makanya dia cuma dijadika pelapis bukan penghantar.

baca juga gan !!


Semoga berguna !!

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!