Efek Mengurangi dan Menambah Jumlah Mata Gear pada Motor

gangsar97-brosis sekalian….beberapa waktu lalu saya melakukakan upgrade kaki kaki pada old vixion yang dimana ada perubahan lebar dimana menjadi lebih lebar, artikel disini

Modifikasi : Old Vixion Pasang Velg Jari Jari dan Ban Lebar

seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya pergantian ban yang lebar tentunya akan lebih lebar pula bagian ban yang menapak ke tanah yang berakibat daya cengkram ban lebih menancap serta kerja mesin menjadi berlebih atau rekoso kalau basa jawanya. Untuk menghindari kinerja mesin yang berlebih tentunya ada perubahan pada bagian gear depan maupun belakang seperti pergantian gear dengan jumlah mata yang berbeda.

3837951_20130212033335
gear depan 13 mata merk SSS

Sedikit ilmu saja mengenai efek yang ditimbulkan jika ada perubahan pada jumlah mata gear dengan top speed maupun akselerasi motor, monggo disimak

Gear depan, pengurangan jumlah mata gear depan akan berimbas pada naiknya akselerasi dan berkurangnya top speed sedangkan jika jumlah mata bertambah maka berimbas pada naiknya top speed dan menurunnya akselerasi

Gear belakang, pengurangan jumlah mata gear akan berimbas pada naiknya top speed dan turunnya akselerasi sedangkan penambahan jumlah mata gear maka berimbas pada naiknya akselerasi dan menurunnya top speed.

Jadi inti perbedaan pergantian gear di atas akan mendapat hasil yang berkebalikan antara gear depan dan belakang.

Dan lagi, gear depan memang jumlah mata gearnya lebih sedikit dari gear belakang sehingga perubahan jumlah mata juga berimbas pada perubahan akselerasi maupun top speed yang besar sedikit rumus rasio sederhana sebagai berikut

jml mata gear belakang : jml mata gear depan = rasio

Contoh sebagai acuan adalah gear vixion standard ( 42:14=3,0 ).

Sekarang kita ganti gear depan dengan 13 mata (42:13=3,23 ) selisih 0,23 bukan angka yang besar tapi kita bandingkan dulu dengan penambahan gear belakang 2 mata (44:14=3,14) selisih 0,14. Lihat perbedaan nya !! gear belakang bertambah 2 mata pun rasionya masih lebih kecil dari gear depan berkurang 1 mata.

Praktiknya

jadi gini…dulunya sebelum saya ganti ke ban lebar, pernah saya test si vixion mampu mencapai kecepatan tertinggi sekitar 116 km/h , angka yang lumayan untuk membawa beban berat badan saya yang tergolong sedikit berlebih sedangkan akselerasi lumayan juga, baru lah setelah ganti ban lebar terasa ada penurunan akselerasi dan berkurangnya torsi di putaran bawah, demi menyiasati penurunan akselerasi maka ganti gear depan yang mata gear-nya 13 (gear standard vixion 14 mata ), saya cuma ganti gear depannya saja.

img20160807105026
proses pergantian gear depan di bengkel

setelah gear diganti barulah saya test ride lagi, rasio perpindahan gear jadi lebih pendek alias dikit dikit ngoper gigi dan untuk akselerasi lumayan lah lebih responsif dari sebelum ganti gear depan walaupun tidak se-responsif sebelum ganti ban lebar dan tibalah saat uji top speed , vixion ane geber sekuat tenaga dan la dalahhhhh…… baru sampai 100 km/h sudah menunjukkan gejala ngos ngosan tapi tetap betot terus sampai batas red line dan didapat top speed sekitar 105 km/j, ediannnnn…. gear depan turun satu mata top speed turun 11 km/h, bukan angka yang besar memang namun jika diatas 100 km/ j penurunan sedemikian merupakan angka yang lumayan untuk motor sekelas 150 cc mesin standard. But ist okay.. toh pemakaian sehari hari juga speed rata rata 60-80 km/j lain kali mau ganti gear belakang scorpio mata 44 dengan gear depan standard mata 14. Akan dirilis pada artikel mendatang ( jika memungkinkan )

Baca juga om !!


Semoga berguna !!

6 respons untuk ‘Efek Mengurangi dan Menambah Jumlah Mata Gear pada Motor

  1. Motor sya old cb150, standar gear 15 depan – 45 belakang topspeed 128kmh di 9800rpm tertahan, ganti gear depan jadi 14 dan belakang masih standar topspeed jadi 130kmh di 10500rpm masih mau naik lagi rpm nya. Mungkin bisa lebih lagi topspeednya sampe limit 11500rpm.

    Suka

  2. Gan itu tidak salah ketik ya untuk pengurangan gear depan menambah akselerasi? Bukan nya kalo di kurangi menambah top speed?

    Suka

Komentar Gratis Bos !! Tinggalkan Link Boleh Asal Jangan Berantem !!